Riyadussolihin Jilid II


Riyadussolihin,(رياض الصالحين ) Taman Orang-orang Salih, kitab kumpulan hadits yang dibukukan oleh Imam Nawawi. Lanjutan dari Riyadussolihin Jilid I,mulai bab 117 - 372, yang memuat berbagai persoalan kehidupan keseharian, misalnya, ibadah, akhlaq, adab-adab keseharian, dll.
berikut adalah kutipan dari kitab ini:
Bab 122
Haramnya Berpakaian Sutera Untuk Kaum Lelaki, Haramnya Duduk Di Atasnya Atau Bersandar Padanya Dan Bolehnya Mengenakannya Untuk Kaum Wanita
801. Dari Umar bin al-Khaththab r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda:
"Janganlah engkau semua mengenakan pakaian sutera, karena sesungguhnya orang mengenakannya di dunia ini, maka ia tidak akan mengenakannya di akhirat." (Muttafaq 'alaih)
802. Dari Umar bin al-Khaththab r.a. pula, katanya: "Saya mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda:
"Hanyasanya yang mengenakan pakaian sutera ialah orang yang tidak mempunyai bagian untuknya." (Muttafaq ‘alaih)
Dalam riwayat Imam Bukhari disebutkan: "Orang yang tidak mempunyai bagian untuknya - dalam hal kenikmatan - di akhirat."
803. Dari Anas r.a., katanya: Rasulullah s.a.w. bersabda: "Barangsiapa yang mengenakan pakaian sutera di dunia, maka ia tidak akan mengenakannya di akhirat nanti." (Muttafaq 'alaih)
804. Dari Ali r.a., katanya: "Saya melihat Rasulullah s.a.w. mengambil sutera lalu meletakkannya di tangan kanannya, juga mengambil emas lalu meletakkannya di tangan kirinya, kemudian beliau s.a.w. bersabda:
"Sesungguhnya dua macam benda ini diharamkan atas kaum lelaki dari ummatku." (Riwayat Abu Dawud dengan isnad hasan)
nama file : riyadhus-salihin-2
bentuk file : pdf
halaman : 743
Ukuran : 2,47 mb
download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar