PERADABAN ISLAM



Dr. MustafaAs-Siba'i
Buku ini memuat pembahasan peradaban Islam dengan rincian sbb :
Perbandingan Peradaban Islam dan Eropa Abad Pertengahan
Faktor-Faktor yang Menjadikan Peradaban Islam`Unik
Pengaruh Abadi Peradaban Islam di Dunia
Prinsip Toleransi Beragama Dalam Peradaban Islam
Moral Perang Dalam Peradaban Islam
Badan-Badan Sosial Yang Dibentuk Peradaban Islam
Sekolah dan Lembaga Keilmuan Yang Dibangun Peradaban Islam
Rumah Sakit dan Lembaga Kedokteran Di Masa Kejayaan Islam
Perpustakaan Dalam Peradaban Islam
Majelis dan Forum Keilmuan


Berikut sebagian dari kutipan buku ini ;

Kalau kita masuk mesin waktu menuju abad pertengahan seperti abad ke-10 Masehi (ke-4 Hijriah) dan terbang menyusuri kota-kota dunia Islam dan kota-kota dunia Barat, kita akan terkaget-kaget melihat perbedaan besar
antara kedua dunia itu. Anda akan tercengang melihat sebuah dunia yang penuh dengan kehidupan, kekuatan dan peradaban, yakni dunia Islam, dan sebuah dunia lain yang primitif, sama sekali tidak ada kesan kehidupan, ilmu pengetahuan dan peradaban yakni dunia Barat.
Marilah kini kita bandingkan kota-kota di dunia itu. Kita mulai dengan dunia Barat untuk melihat bagaimana penghidupan penduduknya, keluasan kota-kotanya dan martabat orang-orangnya.

Keadaan dunia Eropa yang Primitif

Dalam buku sejarah umum karya Lavis dan Rambou dijelaskan bahwa Inggris Anglo-Saxon pada abad ke-7 M hingga sesudah abad ke-10 M merupakan negeri yang tandus, terisolir, kumuh dan liar. Rumah-rumah dibangun dengan batu kasar tidak dipahat dan diperkuat dengan tanah halus. Rumah-rumahnya dibangun di dataran rendah. Rumah-rumah itu berpintu sempit, tidak terkunci kokoh dan dinding serta temboknya tidak berjendela. Wabah-wabah penyakit berulang-ulang berjangkit menimpa binatang-binatang ternak yang merupakan sumber penghidupan satu-satunya.
Tempat kediaman dan keamanan manusia tidak lebih baik dari hewan. Kepala suku tinggal di gubuknya bersama keluarga, pelayan dan orang-orang yang punya hubungan dengannya. Mereka berkumpul di sebuah ruangan besar. Di bagian tengahnya terdapat tungku yang asapnya mengepul lewat lobang tembus yang menganga di langit-langit.......dst

nama file : PERADABAN ISLAM
bentuk file : pdf
halaman : 181
ukuran : 608,68 kb

download

1 komentar: